Sabtu, 29 Oktober 2011


LAPORAN MEMBACA

Judul                            : HUBUNGAN INTERNASIONAL Dalam Perspektif Sejarah
Penulis                        : Drs. Subagyo, M.Pd
Penerbit                       : Widya Karya Semarang
Kota terbit                   : Semarang
Tahun terbit                : 2010
Jumlah halaman           : vii + 279 hal. Uk; 20,5 x 14,5 cm

Hubungan internasional mencakup segala hubungan antar bangsa dan kelompok bangsa dalam masyarakat dunia, dan kekuatan-kekuatan, tekanan-tekanan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak dan cara berfikir manusia. Namun, interaksi suatu bangsa dengan bangsa lain dapat berlangsung baik secara bersahabat maupun secara kekerasan (perang). Hubungan antar bangsa dapat berwujud dalam berbagai bentuk, yaitu : hubungan individual, hubungan antar kelompok, dan hubungan antarnegara. Hubungan beraneka ragam inilah yang menciptakan hubungan yang menyerap seluruh kegiatan manusia di bumi sehingga menciptakan masyarakat internasional. Asas dalam hubungan internasional yaitu : asas teritorial yang didasarkan pada kekuasaan negara, asas kebangsaan yang didasarkan kepada kekuasaan negara pada warganegaranya, asas kepentingan umum yang didasarkan kepada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam masyarakat. Dalam sejarah perkembangan hubungan internsional terdapat empat periode yang dapat dipakai sebagai patokan, yaitu : zaman kuno yang berlangsung sampai dengan berakhirnya imperium romawi, abad pertengahan yaitu zaman eropa nasrani, periode antarnegara modern yang menimbulkan  negara  negara besar, serta periode evolusi menuju ke arah tingkat super-state-stage.
Negara secara geografis merupakan wilayah dengan sistem kekuatan yang terpusat. Bangsa adalah kelompok penduduk yang mengikuti pandangan sendiri dan menghubungkannya satu dengan yang lain. Negara-bangsa adalah suatu teritorial negara dengan penduduk yang menyatakan sebagai sebagai suatu bangsa. Perjanjian Westphalia tahun 1684 membentuk sistem negara modern, kemudian disusul tahun 1914 terjadi perang dunia I yang merubah sistem negara di dunia. Kekuatan dan kekuasaan mempunyai peranan penting dalam kebijakan negara, peranan pokok inilah yang menyebabkan munculnya pemahaman perlunya keseimbangan kekuatan diantara negara-negara.
Hubungan internasional merupakan suatu kegiatan manusia yang berasal dari suatu negara atau lebih, baik secara individual,kelompok ataupun interaksi, Lahirnya hubungan internasional disebabkan karena pengaruh perang dunia sehingga sesudah perang perhatian dipusatkan pada hubungan antar bangsa. Dalam upaya mencapai hubungan antar bangsa yang harmonis, tujuan utama adalah perdamaian dunia. Kajian tentang masyarakat internasional memberikan gambaran bagaimana dalam perkembangan kehidupan anatar bangsa memerlukan pengertian untuk saling toleransi, Pendekatan masyarakat Internasional dicirikan khusus oleh ketergantungan secara nyata pada ‘pelaksanaan keputusan’. Dengan pelaksanaan keputusan bahwa kebijakan luar negeri kadang-kadang memunculkan pilihan moral yang sulit bagi negarawan yang terlibat yaitu pilihan tentang tujuan dan nilai politik yang bertentang, Tradisi masyarakat Internasional merupakan salah satu pendekatan klasik hubungan internasional
Dalam kehidupan antar bangsa faktor ekonomi cukup dominan berpengaruh dalam dinamika perubahan yang terjadi, ekonomi politik internasional sebagai konsep menerangkan proses perubahan dinamika hubungan internasional, ekonomi politik internasional adalah menyangkut ekonomi yang berarti sesuatu yang berkaitan dengan cara bagaimana sumber-sumber yang langka dialokasikan untuk kegunaan yang berbeda-beda dan didistribusikan diantara individu melalui proses pasar yang desentralisasi. Analisa ekonomi dan analisa politik, sering melihat kepada masalah yang sama namun analisa ekonomi berfokus tidak banyak kepada soal kekuasaan dan kepentingan nasional Tetapi kepada masalah pendapatan dan kekayaan serta kepentingan individual. Oleh sebab itu ekonomi politik, merupakan kombinasi dua cara memandang secara utuh terhadap dunia dalam rangka mengetahui karakter fundamental masyarakat. Dalam hubungan antar bangsa, sejumlah faktor seperti rakyat dan sumber daya manusia, pemerintah, wilayah dan sumber daya alam menjadi modal dasar bagi suatu negara bangsa untuk memainkan peranannya dalam hubungan internsional.
Pelaksanaan hubungan antar bangsa dilakukan menggunakan sarana diplomasi, yaitu perangkat terwujudnya proses-proses interaksi yang memberikan dasaar bagi tindakan lebih lanjut bagi suatu negara, Lahirnya suatu lembaga internsional adalah sebagai wadah untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kesejahteraan. Organisasi internasional adalah suatu organisasi yang dibuat oleh anggota masyarakat internasional secara sukarela atau atasdasar kesamaan yang bertujuan untuk menciptakan perdamaiandalam tata hubungan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar