RESENSI
Data
Buku
Ø Judul
buku: Orang Laut Bajak Laut
Raja Laut: Sejarah Kawasan Laut Sulawesi Abad XIX
Ø Penulis:
Adrian B Lapian
Ø Penerbit:
Komunitas Bambu
Ø Cetakan:
I, Agustus 2009
Ø Tebal:
xx + 284 halaman
Ø ISBN:
978-979-3731-59-1
SELAMA
berabad-abad, budaya laut bangsa Indonesia begitu mewarnai lanskap sejarah
Nusantara. Sudah seharusnya Indonesia kembali memerhatikan aspek maritim
setelah sekian lama seolah terlupakan. Karya terbaru Adrian B Lapian yang
bertajuk Orang Laut Bajak Laut Raja Laut ini merupakan hasil dari disertasi
doktoralnya di Jurusan Sejarah UGM pada tahun 1986. Sebagai seorang sejarawan
maritim kawakan Indonesia, Lapian menyajikan fakta-fakta historis yang begitu
kaya mengenai seluk-beluk kemaritiman yang pernah ada di Nusantara, khususnya
di wilayah laut Indonesia bagian timur.
Karya ini mengupas tuntas mengenai orang laut, bajak laut, dan raja laut, khususnya di kawasan Laut Sulawesi abad XIX. Meskipun sebagai sebuah karya historis, buku ini tidak segan-segan memanfaatkan disiplin ilmu sosial lain dalam pemaparannya. Sebuah upaya seorang ilmuwan untuk melihat celah di balik sekat-sekat normatif keilmuan.
Karya ini mengupas tuntas mengenai orang laut, bajak laut, dan raja laut, khususnya di kawasan Laut Sulawesi abad XIX. Meskipun sebagai sebuah karya historis, buku ini tidak segan-segan memanfaatkan disiplin ilmu sosial lain dalam pemaparannya. Sebuah upaya seorang ilmuwan untuk melihat celah di balik sekat-sekat normatif keilmuan.
Campo
(dalam Young, 2007: 25) membedakan motif perompakan (piracy) dalam dua
kategori: ekonomi dan politik. Dalam aspek ekonomi, perompakan merupakan
perampasan dagang di laut terhadap kapal yang lewat serta penyerangan dan
pencurian secara terorganisasi di laut yang mendapat legitimasi penguasa.
Sedangkan aspek politik perompakan diatur oleh penguasa dan bertujuan untuk
mempertahankan kekuasaan ataupun usaha ekonomis yang dijalankan dengan
memberikan legitimasi kepada praktik-praktik perompakan tersebut. Lapian
menggenapi Campo dengan menambahkan dua kategori lain, yakni agama dan
psiko-sosial (avonturisme), sebagai pelengkap kategorisasi bajak laut (hal
119-121). Motif keagamaan mengacu pada Perang Salib di Eropa serta perang jihad
di Arab dan Turki. Motif avonturisme atau petualangan dilihat dari berbagai
perang antarsuku bangsa—yang dianggap sebagai manifestasi sifat petualangan
itu—yang sejak dulu telah melembaga di berbagai tempat di dunia. Apa pun dalam
motif dari empat kategori di atas, terdapat satu benang merah di dalamnya,
yakni ”kekerasan di laut” yang menjadi esensi dari setiap tindakan bajak laut.
Tradisi
maritim berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia tidak selamanya disebabkan
oleh lingkungan mereka yang bercirikan kemaritiman, seperti bertempat tinggal
di laut atau daerah pesisir sungai besar dan pantai. Kelompok bajak laut Tobelo,
misalnya, sebelumnya adalah orang darat (pedalaman). Berdasarkan sumber dari
abad XVII, Lapian menuliskan, orang Tobelo pada mulanya sering diserang oleh
bajak laut. Dari orang darat yang bersikap defensif, mereka berbalik menjadi
pelaut yang sangat agresif (hal 132). Buku setebal 284 halaman ini juga
mengungkapkan dua faktor penyebab orang Lanun (Ilanun) berpindah dari pedalaman
ke daerah pantai dan menjadi salah satu kelompok bajak laut yang terkenal.
Faktor
pertama, letusan gunung api yang menghancurkan kampung serta lahan pertanian
mereka. Kedua, terkait dengan stratifikasi sosial yang khas pada suku bangsa
Maranao, yang memaksa aristokrasi yang menduduki lapisan atas memperkokoh
kedudukannya dengan sistem perkawinan yang mencari pasangan di luar sukunya
sendiri (hal 137). Perkawinan mereka dengan masyarakat Ilanun yang telah
terlebih dulu merantau untuk mencari nafkah dengan merompak menjadi faktor
pendorong yang makin kuat ketika terjadi bencana alam di permukiman darat. Orang
Tobelo dan Lanun pada masanya terkenal sebagai bajak laut yang merompak hingga
Jawa, bahkan seluruh Asia Tenggara. Hingga sekarang, dua suku yang sebenarnya
berasal dari daratan ini, di kalangan masyarakat maritim tertentu, masih
terstigmatisasi sebagai perompak atau pelaku tindak kekerasan di laut.
Raja
laut
Mengenai
raja laut—kapitan laut, datu laut, pangeran laut—tentu saja tidak luput dari
pemaparan Lapian. Keberadaan raja laut tidak bisa diabaikan dalam sejarah
maritim karena merupakan salah satu kelompok atau kekuatan yang dimiliki oleh
kerajaan atau kesultanan. Gelar raja laut di kawasan laut Sulawesi pada waktu
itu sebenarnya dipegang oleh tokoh yang memimpin kekuatan laut kerajaan yang
bersangkutan (hal 173). Oleh sebab itu, dalam hubungan ini, istilah raja laut
dapat dipakai untuk menyebut tipe kekuatan laut yang resmi.
Berbeda dengan bajak laut yang merupakan tipe kekuatan laut tandingan yang oleh pemerintahan yang berkuasa dianggap ”liar”, tipe orang laut adalah masyarakat yang tidak atau belum terorganisasi dalam bentuk negara atau kerajaan. Jabatan raja laut, menurut Lapian, pernah juga disandang oleh orang Eropa (hal 213-215). Gelar ”Dato del Mar” diberikan oleh Sultan Maguindanao kepada Kolonel Don Romualdo Crespo, putra dari Gubernur Jenderal Filipina Don Manuel Crespo. Hal serupa dialami oleh William Lingard, seorang kapten kapal niaga berbendera Inggris yang mendapat gelar raja laut (pangeran laut) dari Sultan Gunung Tabur. Gelar raja laut ini pun bukan sebuah ”jabatan kosong” tidak berarti.
Berbeda dengan bajak laut yang merupakan tipe kekuatan laut tandingan yang oleh pemerintahan yang berkuasa dianggap ”liar”, tipe orang laut adalah masyarakat yang tidak atau belum terorganisasi dalam bentuk negara atau kerajaan. Jabatan raja laut, menurut Lapian, pernah juga disandang oleh orang Eropa (hal 213-215). Gelar ”Dato del Mar” diberikan oleh Sultan Maguindanao kepada Kolonel Don Romualdo Crespo, putra dari Gubernur Jenderal Filipina Don Manuel Crespo. Hal serupa dialami oleh William Lingard, seorang kapten kapal niaga berbendera Inggris yang mendapat gelar raja laut (pangeran laut) dari Sultan Gunung Tabur. Gelar raja laut ini pun bukan sebuah ”jabatan kosong” tidak berarti.
Bajak
laut
Interrelasi
antara orang laut, bajak laut, dan raja laut ini menegaskan sifat patronage
(hubungan patron-klien) yang begitu kental di kalangan masyarakat maritim
Sulawesi. Setidaknya buku ini memberi cukup landasan historis untuk memahami
kompleksitas stratifikasi sosial masyarakat Sulawesi pada umumnya yang
berdasarkan atas trah. Hubungan patron-klien antara bajak laut dan raja laut
memungkinkan pergantian peran. Sebaliknya, orang laut dalam sejarahnya selalu
menjadi vasal para patron, baik bajak laut ataupun raja laut. Lapian memang
tepat dengan tesisnya tersebut. Setidaknya kalau kita membaca karya Bingling
(2000), seorang Sjarif Abdoel Rahman Alkadri yang awalnya adalah seorang
pedagang dan bajak laut berhasil mendirikan Kesultanan Pontianak dan bahkan
mengesahkan dirinya sebagai sultan pertama yang kemudian menguasai perdagangan
sepanjang Sungai Kapuas. Pada abad XIX terjadi akselerasi pergeseran kekuasaan
dari raja laut pribumi ke tangan asing yang sudah dimulai sejak abad XVI (hal
205-206). Kemajuan teknologi bangsa Eropa membuat persenjataannya lebih lengkap
dan maju. Selain itu, muncul pula kesadaran untuk bekerja sama di kalangan
bangsa Eropa guna mengoloni wilayah maritim di Nusantara.
Kekecewaan
subyektif saya muncul ketika tidak menemukan aktivitas maritim dari orang-orang
China. Padahal, jelas-jelas disebutkan oleh penulis bahwa sumber tertulis
paling awal mengenai hal tersebut berasal dari catatan orang China, seperti Fa Shien
(Faxian) dan Zhao Rugua.
Beberapa laporan historis mencatat mengenai aksi bajak laut China di Asia Tenggara (Young: 29-31). Bagaimana sebuah kongsi (triad) di Singapura dan Kalimantan Barat begitu dominan di antara kesultanan atau kerajaan pribumi pada abad XVIII hingga pertengahan abad XIX. Terlepas dari itu, buku ini adalah sebuah karya komprehensif mengenai sejarah maritim di Nusantara, khususnya kawasan laut Sulawesi.
Beberapa laporan historis mencatat mengenai aksi bajak laut China di Asia Tenggara (Young: 29-31). Bagaimana sebuah kongsi (triad) di Singapura dan Kalimantan Barat begitu dominan di antara kesultanan atau kerajaan pribumi pada abad XVIII hingga pertengahan abad XIX. Terlepas dari itu, buku ini adalah sebuah karya komprehensif mengenai sejarah maritim di Nusantara, khususnya kawasan laut Sulawesi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar